SEGMENTASI PASAR KONSUMEN
Segmentasi Pasar adalah membagi sebuah pasar ke dalam kelompok-kelompok pembeli yang khas berdasarkan kebutuhan, karakteristik atau perilaku yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang terpisah. Kebutuhan masyarakat akan sarana komunikasi pada umumnya sangatlah penting. Pilihan penggunaan sarana komunikasi beragam jenisnya.
1. Demografi
a. Umur
Alat komunikasi handphone dapat di gunakan oleh anak di atas 10 tahun sampe dengan usia dewasa.
b. Jenis Kelamin
hp bisa di gunakan oleh siapa saja baik laki-laki dan perempuan.
c. Pendapatan
Dari hasil pengamatan diketahui para pemakai hp ada yg belum bekerja jadi tidak tergantung kepada pendapatan nya.
d. Status Pernikahan
yang lajang maupun yang sudah menikah pasti memiliki hp.
e. Pendidikan
semua kalangan baik yang berpendidikan smp,sma semua nya pasti punya hp.
f. Pekerjaan
yang belum bekerja juga kebanyakan sudah memiliki hp.
2. Perilaku Konsumen
a. Manfaat yang dicari
kalau kita menghubungi orang jauh lebih mudah apalagi sekarang banyak yang sudah memakai hp yang ada fasilitas internet jadi lebih gampang untuk berkomunikasi sama siapa saja dan kapan saja.
b. Kesetiaan Merk
kebanyakan pengguna lebih banyak menggunakan hp merk nokia karna pertama awal muncul hp merk nokia.
c. Tingkat Penggunaan
Tingkat penggunaan nokia lebih banyak dibandingkan dengan merk hp lainnya, alasannya adalah karena nokia lebih unggul dan terjamin kualitas nya di bandingkan dengan merk yang lain.
d. Lainnya
1. Alasan Membeli
kalau kita menghubungi orang jauh lebih mudah apalagi sekarang banyak yang sudah memakai hp yang ada fasilitas internet jadi lebih gampang untuk berkomunikasi sama siapa saja dan kapan saja.
2. Pengaruh
Sebagai bagian dari promosi produk untuk mempengaruhi konsumen agar membeli salah satunya adalah iklan.
3. Karakteristik Kepribadian Konsumen
a. Kebutuhan akan kesadaran
Perilaku konsumen yang biasanya diamati oleh produsen selain kesetiaan pada merk adalah kebutuhan akan kesadaran konsumen pada produk yang mereka gunakan.
b. Toleransi terhadap kebimbangan
Dapat dipahami bahwa setiap keputusan untuk membeli sesuatu akan ada kebimbangan oleh karena banyaknya pilihan.
c. Kecenderungan mengambil resiko
Dalam mengambil dan menentukan keputusan membeli produk, konsumen dihadapkan pada suatu pilihan risiko jika memakai barang atau produk tersebut.
4. Budaya
a. Adat Istiadat
Adat istiadat yang berlaku di suatu tempat di negara kita biasanya ikut mempengaruhi perilaku konsumen dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
b. Kebiasaan
Perilaku konsumen yang lain adalah kebiasaan konsumen karena telah terbiasa menggunakan hp merk nokia.
c. Norma
Tidak ada norma yang berlaku dalam menggunakan hp. Selama masih dalam batas wajar.
d. Nilai
Nilai adalah acuan yang dipakai oleh masyarakat dalam menentukan baik buruknya sesuatu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar